Article
MANFAAT MESIN ABSENSI BAGI USAHA ANDA

 

Bagi Anda yang pegawai kantoran pastinya telah tak heran lagi mendengar sebutan mesin absensi fingerprint atau mesin absensi sidik jari. Memang saat ini, mesin absensi sidik jari telah banyak dirasakan manfaatnya oleh berbagai perusahaan.

 

Dengan teknologi biometrik yang dapat mengidentifikasi dan memverifikasi sidik jari setiap pegawai yang berbeda satu dengan yang lainnya atau unik, mesin absensi sidik jari dirasa sangat bermanfaat karena dapat membantu mencegah kecurangan yang kiranya dilakukan oleh pekerja dalam hal kedisplinan kedatangan. Selain itu, kehadiran karyawan pun dapat menjadi salah satu komponen penilaian kinerja karyawan.

 

Adapun beberapa manfaat mesin absensi sidik jari yaitu sebagai berikut:

 

1. Memantau kehadiran karyawan

 

Setiap karyawan membuktikan dan memasukkan data kehadirannya melalui mesin absensi agar perusahaan atau instansi dapat mengetahui apakah karyawan tersebut masuk kerja atau tidak. Karyawan yang sakit, cuti keluarga, atau tidak masuk kantor karena alasan apapun tentu tidak terdata kehadirannya pada hari tersebut dan dipastikan tidak hadir serta tidak bekerja di kantor.

 

Dengan menggunakan teknologi biometrik, mesin absensi mampu mendeteksi karakteristik atau ciri spesifik karyawan.

Teknologi biometrik terbaru bahkan mampu mendeteksi  sidik jari, wajah, atau suara, sehingga karyawan dapat langsung diabsen. Hal ini memungkinkan data kehadiran yang lebih akurat karena sulit untuk dipalsukan.

 

Mesin absensi sangat bermanfaat untuk memberikan kemudahan dalam mendata absensi karyawan, terutama bagi perusahaan maju dan berkembang yang telah mempekerjakan puluhan atau ratusan karyawan.

 

2. Menghitung jam kerja karyawan

 

Mesin absensi juga memiliki fungsi untuk menghitung jam kerja karyawan karena data kehadiran dari masuk hingga pulang kerja telah terdata pada database mesin absensi tersebut.

Perusahaan dapat mengetahui lama jam kerja tiap karyawan secara jelas dan akurat untuk menilai kinerja karyawan tersebut di kantor.


Penghitungan jam kerja dimulai dari pencatatan atau pendataan pukul berapa karyawan datang ke kantor hingga pukul berapa karyawan pulang. Dalam penggunaan mesin absensi ini, jam kerja karyawan dimulai dari pertama kali ia melakukan autentifikasi dirinya melalu mesin tersebut dan pada akhir hari setelah bekerja.

 

Di samping itu, penghitungan jam kerja juga harus mempertimbangkan dan memasukkan waktu lembur. Karyawan yang kerja lembur atau waktu pulang kerjanya melebihi dari yang telah ditentukan akan ditambahkan pada perhitungan jam kerjanya. Begitupun dengan karyawan yang mendapat tugas mendadak dan harus datang ke kantor di akhir pekan padahal perusahaan tersebut menerapkan lima hari kerja.

 

3. Menghitung gaji/pembayaran kepada karyawan

 

Penggunaan mesin absensi juga bermanfaat untuk menghitung gaji atau upah kepada karyawan setelah dipertimbangkan dengan memperhatikan ketepatan waktu mulai dan selesai bekerja serta memperhitungkan jam kerja masing-masing dari mereka pada laporan yang diperoleh dari pengotomatisasian mesin absensi.

 

Perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan mesin absensi canggih yang telah terintegrasi dengan software seperti yang tersedia pada mesin absensi fingerprint, digital, dan biometrik karena dapat mengotomatisasi proses penghitungan gaji dan bahkan mendapatkan laporan akurat berisi data & informasi mengenai kalkulasi upah yang diterima karyawan beserta nama jelas dan jam kerjanya.

 

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa didapat jika menggunakan mesin absensi sidik jari atau fingerprint.

 

Mesin ini cocok digunakan mulai dari perusahaan besar sd. perusahaan kecil. Bahkan dapat digunakan pula untuk usaha pribadi ataupun usaha kecil dan menengah.

  

Tertarik untuk beralih menggunakan mesin absensi sidik jari pada kantor Anda ?


Copyright © datascrip.com, 2015 All Rights Reserved


Customer Care : 
(021) 2664 8999